Beranda · Pemrograman · Jaringan · Film

Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)

DEFINISI KEKAYAAN INTELEKTUAL


segala bentuk kekayaan materi maupun nonmateri yang berasal dari hasil kecerdasan dan kepandaian manusia (intelektual), sebagai hasil olah pikir otak manusia (brainware) dakan proses pembelajaran. Kekayaan intelektual ini menghasilkan produk berupa barang dan jasa yang bermanfaat bagi umat manusia.

Definisi Hak

HAK
Sesuatu (barang atau jasa) yang diterima oleh seseorang sebagai hasil dari kewajiban yang telah dilakukannya.

KEWAJIBAN :
pra syarat didalam memperoleh HAK

DEFINISI HAK DIPANDANG DARI HAKI
Hak eksklusif yang diberikan pemerintah kepada para penemu, pencipta, dan pendesain suatu karya cipta dankarsa yang dihasilkan

Secara umum :
HAKI (sebuah bentuk perlindungan hukum dan penghargaan kepada parapencinta atas hasil ciptaannya (yang merupakan hasil dari kekayaan intelektual berupa buah pikir dan kreasi),yang bermanfaat bagi umat manusia.


NILAI DARI SEBUAH KEKAYAAN INTELEKTUAL

TUJUAN DAN MANFAAT HAKI
      Tujuan adanya HAKI
      Manfaat adanya HAKI
      Motivas berkat adanya HAKI
      Perlindungan hukum dengan adanya HAKI
      Penghargaan, menghargai, dan menghormati
TUJUAN ADANYA HAKI
      memberikan perlindungan hukum terhadap pencipta dan ciptaannya, terkait dengan hasil karya (produk barang dan jasa)yang merupakan kekayaan intelektual dan hasil pemikiran
      Memberikan motivasi kepada pencipta dan masyarakat luas untuk dapat terus berkarya, menciptakan produk dan inovasi yang lebih baik.
      Memberikan perlindungan hukum nilai ekonomis yang dikandung didalamnya
      Perlindungan atas hak milik seseorang terhadap kekayaan intelektual  dan hasil karyanya

Motivasi berkat HAKI
      Meningkatkan hasil karyanya
      Produktif
      Makin bernilai
      Bermanfaat
      Pendapatan
      Nilai bisnis
Contoh Kasus Pelanggaran Hak Atas Kekayaan Intelektual, adalah game yang sangat terkenal di Indonesia yaitu permainan moba analog “Mobile Legends
Riot Games menerbitkan surat gugatan hukumnya kepada Shanghai Moontoon Technology terkait dugaan pelanggaran properti intelektual dan hak cipta di game Mobile Legends.

Dalam surat gugatan tersebut, Riot bahkan menyertakan berbagai konten yang melanggar hak ciptanya. Tidak tanggung-tanggung, setidaknya ada 7 pelanggaran hak cipta yang dipaparkan oleh Riot.
1.    Menjiplak desain map

Dalam dokumen gugatannya, Riot menuliskan bahwa Mobile Legends melanggar desain map Summoner Rift yang digunakan di League of Legends. Kemiripan dikatakan terdapat di hampir semua detail pada map serta posisi dari berbagai properti unik yang ada di map tersebut.


2. Menjiplak desain minion

Riot mengklaim bahwa Moontoon telah menjiplak desain minion yang digunakan di game Mobile Legends. Minion yang dijiplak desainnya adalah tipe melee, caster, dan siege.

3. Menjiplak desain Nexus

Desain Nexus yang menjadi markas utama di League of Legends juga dikatakan dijiplak ke dalam Mobile Legends. Nexus berupa kristal merah dan biru besar yang melayang dapat ditemukan di masing-masing markas pemain.

4. Menjiplak desain monster unik

Beberapa monster unik yang ada di League of Legends juga dikatakan telah dijiplak ke dalam Mobile Legends. Salah satu yang diberitahu oleh Riot dalam dokumen gugatannya adalah Red Buff yang diklaim dijiplak sama persis.




5. Logo game mirip

Pihak Riot menganggap logo Mobile Legends yang digunakan saat ini sangat mirip dengan League of Legends. Kemiripan dapat dilihat dari penggunaan kata "Legends" dengan huruf "L" dan "S" yang lebih besar.

6. Banner mirip

Selain logo, Riot mengklaim Mobile Legends juga menggunakan desain banner yang sangat mirip. Salah satunya adalah banner "Victory" yang dikatakan memiliki desain font serupa.

7. Desain karakter sangat mirip

Pelanggaran properti intelektual juga diklaim Riot terjadi hingga desain karakter. Salah satu desain karakter League of Legends yang dianggap dijiplak Moontoon di Mobile Legends adalah Garet.
Kasus Terbaru dari game kontroversial yang satu ini ialah Moonton lagi – lagi terciduk memakai kata – kata/ quotes dari game Assasin’s Creed, yang langsung di laporkan oleh salah satu gamer kepada pihak Ubisoft.

Di dalam laporannya, gamer itu bahkan memberikan bukti yang cukup kuat. Terdapat gambar ikonik dari game Assassin’s Creed lengkap dengan slogannya, dan gambar skin Irithel (hero Mobile Legends) bulan depan yang dilengkapi dengan slogan serupa. Mendapati laporan serta bukti tersebut, admin dari Ubisoft Support berjanji untuk meneruskan laporan ini ke tim investigasi.

Pihak Moontonpun langsung merubah quote dari hero Marksmannya menjadi “Hide From The Night, Shoot Through the dawn.

Source :
https://www.teknosaurus.com/2018/02/28/quotes-assassins-creed-di-mobile-legends/

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)"

Post a Comment